Kamis, 27 Oktober 2011

skripsi PAI APLIKASI RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS PENDISTRIBUSIAN KERAMIK


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi ini persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, seiring dengan munculnya usaha-usaha baru. Masing-masing dituntut untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik agar resiko kerugian dapat dihindari. Dalam setiap usaha tidak hanya menggantungkan kelangsungan usahanya pada kejelian dan ketajaman panca indra saja, akan tetapi juga perlu mengalihkan perhatian pada penggunaan metode-metode kuantitatif dan peralatan-peralatan computer sebagai alat bantu dalam memecahkan masalah dan dalam pengambilan keputusan.
Perkembangan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menuntut adanya kemampuan manusia dalam mempertimbangkan segala kemungkinan sebelum mengambil keputusan dan tindakan. Yang menjadi ciri dari proses keputusan adalah informasi, dan untuk berhasil seorang manager pemasaran membutuhkan dua masukan (input) informasi yaitu, pengalaman dan pertimbangan pribadinya serta informasi yang lebih formal yang tersedia dari sistem riset pemasaran (Kinnear, 1997 : 10). Definisi riset pemasaran yang sangat populer ialah, ”pengumpulan, pencatatan, dan analisis secara sistematis data yang berkaitan dengan pemasaran barang serta jasa.” Laporan dari Komoie Definisi Asosiasi Pemasaran Amerika (America Marketing Association, Chicago,1961 ; Kinnear, 1997 : 18).
Pengambilan keputusan secara naluriah atau dengan perkiraan-perkiraan sederhana pada dasarnya hanya dapat dipertanggungjawabkan untuk keputusan yang sederhana pula. Keputusan-keputusan terutama di bidang dunia usaha yang mengandung resiko besar tentunya perlu didukung oleh perhitungan yang matang agar mencapai hasil yang optimal. Untuk mencapai hasil yang optimal tersebut maka diperlukan riset pemasaran yang didukung oleh pendekatan ilmiah, pola analisis, pemecahan masalah, pola pengambilan langkah dan strategi yang sistematis.
Mata kuliah riset operasi sebagai salah satu aplikasi dari suatu metode dalam riset pemasaran, serta merupakan peralatan ilmiah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalahan yang timbul di dalam dunia usaha khususnya hal pemasaran dengan tujuan ditemukannya penyelesaian yang optimal dari masalah yang dihadapi. Sehingga peranan mata kuliah riset operasi sangat diperlukan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia usaha.
Materi rantai Markov sebagai salah satu bagian dari mata kuliah riset operasi yang dapat digunakan untuk memperkirakan kejadian di waktu yang akan datang berdasarkan kejadian di masa sekarang serta dapat digunakan untuk memperkirakan keadaan pasar (market share).
Materi rantai Markov dapat diaplikasikan untuk mendistribusikan keramik dalam sebuah perusahaan, dimana variabel-variabel yang mempengaruhi adalah tempat pengiriman keramik dan jenis keramik yang akan dikirim pada setiap periode. Dari data tersebut akan dapat diperkirakan jumlah keramik yang akan didisribusikan untuk masing-masing jenis keramik pada periode berikutnya.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil judul "APLIKASI RANTAI MARKOV DALAM MENGANALISIS PENDISTRIBUSIAN KERAMIK (Studi Kasus di Perusahaan Keramik Soekardie) " sebagai salah satu aplikasi dari ilmu matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar