Rabu, 26 Oktober 2011

PTK PAI IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI KELAS VII H MTsN



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah merupakan upaya sadar dan terencana untuk menunjukkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Setiap pendidik atau pengajar harus mengerti dengan jelas tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, untuk itu seorang guru harus pandai-pandai memilih atau menggunakan metode yang sesuai atau yang cocok untuk digunakan dalam mengajar, sehingga dengan adanya metode tersebut semua peserta didik dapat memahami mata pelajaran dengan baik dan sempurna, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.
Adapun metode merupakan usaha yang sistematis dan pragmatis untuk mencapai tujuan pendidikan dengan melalui berbagai aktifitas, baik didalam kelas maupun diluar kelas dan juga sangat diperlukan bagi seorang pendidik untuk selalu mengawasi peserta didik di luar lingkungan sekolah bukan hanya didalam lingkungan saja, sehingga tujuan dari pendidikan aqidah akhlak dapat tercapai semaksimal mungkin.
            Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengadakan penelitian tentang "Implementasi Strrategi Belajar Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Semangat Sisiwa Dalam Mata Pelajaran Al-Qutan Hadits Di Kelas VII H MTsN Tambak Beras Jombang”
B. Rmusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang diatas, maka ada dua permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu :
  • Apakah penggunaan metode Tanya jawab bisa meningkatkan hasil belajar siswa-siswi di kelas VII MTsN Tambakberas Jombang
  • Bagaimana penerapan metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi di kelas VII MTsN Tambakberas Jombnag

C. Tujuan Penelitian
            Berdasrkan pada dua permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk :
  • Mengetahui apakah metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa
  • Mengetahui bagaimana metode Tanya jawab diterapkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik
D. Hipotesis Tindakan
  • Dengan penerapan metode Tanya jawab sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajae siswa-siswi kelas VII MTsN Tamabakberas Jombang
  • Dengan penerapan metode Tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar atau pembelajaran aqidah akhlak siswa-siswi kealas VII MTsN Tambakberas Jombang
E. Manfaat Penelitian
            Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar materi Aqidah akhlak kelas VII MTsN Tambakberas Jombang. Diantara kegunaan atau manfaatnya adalah :
  • Siswa
Dengan metode Tanya jawab siswa akan lebih mudah memahami pelajaran
  • Guru
Penggunaan metode Tanya jawab akan dapat mempermudah para guru dalam mengajarkan materi Aqidah akhlak
  • Lembaga
Penggunaan metode ini akan dapat menjadi dasar bagi lembaga sekoalh dalam menentukan kurikulum pembelajaran yang lebih baik
  • Peneliti
Supaya dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada saat benar-benar menjadi pendidik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar