Sabtu, 22 Desember 2012

PENGENALAN KOMPUTER






I  - Pengenalan Komputer
BAB I
PENGENALAN KOMPUTER
 
.1.Pengertian Komputer
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan  serangkaian  pekerjaan  secara  otomatis,  berdasar  urutan  instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. 
Istilah  mengenai  sekelompok  mesin  ataupun  istilah  mengenai  jutaan  komponen kemudian dikenal sebagai Hardware Computer atau perangkat keras komputer. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai  peralatan fisik  dari komputer  itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang ataupun dipindahkan. Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah imasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupasuatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai Software Computer atau perangkat lunak komputer.Secara  prinsip,  komputer  hanyalah  merupakan sebuah  alat  yang  bisa  digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware atau perangkat manusia.e-brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal
yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.
1.2.Sejarah Komputer
 Generasi Pertama
Tabung hampa udara  (vacum-tube) sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer  generasi  pertama  dengan  bahan  bakunya  terdiri  dari  kaca,  sehingga memiliki banyak kelemahan seperti mudah pecah dan mudah menyalurkan panas. Untuk  menetralisir  panas  diperlukan  komponen  lain  yang  berfungsi  sebagai pendingin. Dengan adanya komponen tambahan tersebut maka komputer menjadi besar, berat dan mahal.
Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30  ton  dengan  panjang  30  meter  dan  tinggi  2,4  meter  sehingga  memerlukan ruangan kelas tersendiri.
 Generasi Kedua
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri
atas tiga lapis yaitu : basic, collector dan emmiter. Transistor merupakan singkatan
dari
Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua
dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula
dipengaruhi. Dengan demikian fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.

Modul IT Literacy                                                                                                                                        1





I  - Pengenalan Komputer
Sebagai  komponen  padat,  transistor  mempunyai  banyak  keunggulan  seperti misalnya  ; tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas dan dengan demikian komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah : IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV (diproduksi di Jepang tahun 1957), Honeywell Model 800 dan IBM7090 (buatan Amerika)

 Generasi Ketiga
Ciri khas komputer generasi ketiga adalah Integrated Circuit atau IC-Chip. IC adalah gabungan dari ribuan transistor dalam bentuk silicium dengan bentuk kecil dan ukuran beberapa milimeter.
Contoh komputer generasi ini adalah : Apple Computer, TRS Model 180 dan IBM S/360.

 Generasi Keempat
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan  pemadatan  ribuan  IC  kedalam  sebuah  Chip.  Istilah  chip  digunakan untuk  menunjukkan  suatu  lempengan  persegi  empat  yang  memuat  rangkaianrangkaian terpadu  (integrated circuits). LSI kemudian dikembangkan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).
Perkembangan berikutnya ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.  Perusahaan  pembuat  microprocessor  antara  lain  :  Intel  Corporation, Motorola, Zilog dll. Intel Corp. mengeluarkan microprocessor dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 atau dikenal dengan nama pentium. Sedangkan pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800.
1.3.Jenis Komputer
 Berdasarkan Golongan
 General-Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaan.
 Special-Purpose Computer
Special-Purpose Computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special-purpose pada awalnya merupakan general-purpose yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yanng sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

 Berdasarkan Kapasitasnya
 Komputer Mikro (Personal Computer)
Pada  awalnya,  komputer  jenis  ini  diciptakan  untuk  memenuhi  kebutuhan
perorangan (personal). Memori yang dimiliki oleh sebuah personal komputer pada
awalnya  hanya  berkisar  antara 32  hingga  64  KB  (Kilo  Byte).  Tetapi  dalam
perkembangannya  memori  sebuah  personal  komputer  sampai  diatas  128  MB
(Mega Byte). 1 MB sama dengan 1024 KB. Komputer personal model Apple II
merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat ini.
2                                                                                                                     UPT Komputer dan Teledukasi





I  - Pengenalan Komputer
 Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan beberapa kali lebih besar jika dibanding dengan  personal  komputer.  Hal  ini  disebabkan  karena  microprocessor  yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan microprocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil.
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai  (multi  user).  Dalam  sistem  multi  user  ini,  pada  akhirnya  personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh komputer mini : IBM AS-400
 Komputer Mainframe
Ciri  utama  yang  membedakan  pengertian  antara  mini  komputer  dengan mainframe  adalah,  mainframe  memiliki  processor  lebih  dari  satu.  Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya  digunakan  untuk  memproses  data-data  yang  mempunyai  kapasitas sangat besar dan disamping itu mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
 Super-komputer
Sesuai dengan namanya, super komputer  memiliki ciri  khas,  yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satu contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaanperusahaan  yang  sangat  besar,  seperti  misalnya  industri  pesawat  terbang Nurtanio.  Kemampuan  lain  yang  dimiliki  oleh  super  komputer  adalah  mampu membaca/menyadap pelbagai data dari satelit.

 Berdasarkan Data yang Diolah
Data  yang  diolah  oleh  komputer  jenisnya  sangatlah  banyak.  Ada  data  berujud
gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal
ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang
hanya  bisa  mengolah  suara,  ataupun  hanya  mengolah  huruf  dan  angka  saja.
Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara
bersama-sama.
 Digital Komputer
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang
bersifat  kuantitatif (sangat  banyak  jumlahnya).  Data  dari  digital  komputer
biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya : simbol alphabetis
yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang
digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya
: ? / + * & !.

Modul IT Literacy                                                                                                                                       3





I  - Pengenalan Komputer
 Komputer Analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang
kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu
kejadian.  Seperti  misalnya :  keadaan  suhu  ataupun  kelembaban  udara,
ketinggian  ataupun  kecepatan  adalah  merupakan  suatu  keadaan  yang  oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
 Hibrid komputer
Merupakan  jenis  komputer  yang  bisa  digunakan  untuk  mengolah  data  yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
1.4.Konsep Dasar Komputer
Secara  prinsip  komputer  selalu  memiliki  sebuah  konsep  dasar  yaitu  INPUT      -
PROSES  - OUTPUT. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai  : Input Device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory
 Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam  komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak diantaranya :
1.   Keyboard
2.   Mouse
3.   Touchscreen
4.   Scanner OCR (mislanya untuk membaca jawaban UMPTN)
5.   Scanner Barcode (membaca kode bar misalnya di kasir supermarket)
6.   Sensor (misal pada robot)
7.   Camera
8.   Microphone

 Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer
dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain itu, CPU
juga  berfungsi  sebagai  tempat  untuk  melakukan  pelbagai  pengolahan  data.
Pekerjaan   pengolahan   data   diantaranya : mencatat,   melihat,   membaca,
menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan. Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
 Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis main memory adalah :
1. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah memory yang dapat dimasuki (diakses) ataupun ditulisi, memori ini sifatnya sementara dan akan hilang memorinya kalau listrik dimatikan

4                                                                                                                     UPT Komputer dan Teledukasi





I  - Pengenalan Komputer
2. ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca komputer tapi tidak bisa diisi.
3. Chache Memory
Adalah  memori  berkecepatan  tinggi  tapi  mahal  harganya.  Dalam  komputer difungsikan  untuk  menyimpan  data  yang  sering  diakses  berulang-ulang sehingga dapat untuk mempercepat proses.
 ALU    (Arithmatic   Logical   Unit),   untuk   melaksanakan   pelbagai   macam
perhitungan.
 Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.
CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor
dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekuensi kerjanya.

 Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media  yang  dapat  dibaca  oleh  manusia  ataupun  dapat  digunakan  untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer dapat digolongkan 4 bentuk :
1. Tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain)
2. Image (grafik, gambar)
3. Suara
4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin
Sedangkan alat output komputer diantaranya :
1. Monitor/ Screen/ Display
2. Printer (dot matrix, inkjet, laser dll)
3. Plotter
4. Speaker
5. Disk drive

 External Memory
External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut  sebagai  Secondary  Storage  ataupun  Backing  Storage  ataupun  Memory Cadangan  yang  berfungsi  untuk  menyimpan  data  dan  program.  Agar  dapat berfungsi,  data  dan  program  yang  tersimpan  didalam  external  memory  harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory.
Jenis external memory diantaranya :
1. Hard Disk
2. Floopy Disk
3. Magnetik tape (pita magnetik)
4. Optic Disk (CD-ROM)
1.5.Penyajian Data Komputer
Data  adalah  sesuatu  yang  belum  mempunyai  arti  bagi  penerimanya  dan  masih
memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar,
suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita
gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun konsep.
Modul IT Literacy                                                                                                                                       5





I  - Pengenalan Komputer

Informasi  merupakan  hasil  pengolahan  dari  sebuah  model,  formasi,  organisasi
ataupun  suatu  perubahan  bentuk  dari  data  yang  memiliki  nilai  tertentu  dan  bisa
digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini data
bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat
bagi  penerimanya.  Informasi  juga  bisa  disebut  sebagai  hasil  pengolahan  ataupun
pemrosesan data.

 Byte/Karakter
Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf (A s/d Z atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9) ataupun berbentuk tanda baca lainnya.
 Field
Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu, misalnya Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Filed untuk Mata Pelajaran dan lainnya.
 Record
Merupakan  kumpulan  dari  field-field  yang  membentuk  sebuah  arti.  Misalkan
kumpulan field NIM, NAMA, MATERI pada akhirnya membentuk sebuah record.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar