Rabu, 26 Oktober 2011

PTK PAI PENGGUNAAN MEDIA SHORT CARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADARASAH ALIAH


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Balakang
      Salah satu tujuan pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan individual. Maka metode yang diharapkan dapat menjadi indikator tercapainya sebuah proses pendidikan.
      Keberadaan guru di sini mempunyai fungsi utama dalam tercapainya sebuah proses pendidikan untuk belajar berfikir secara logis dan membimbing proses pemikiran yang bijak pada hipotesis dan konsep-konsep tentang pengetahuan yang dituntut, Allyu dan Bacon 1996 mengatakan ada 3 tujuan pengajaran aktif yaitu:
  1. Membangun team, artinya semangat kerjasama.
  2. Penguasaan, artinya mempelajari sikap, pengetahuan dan pengalaman peserta didik.
  3. Keterlibatan belajar secara seketika dan menciptakan perhatian minat awal siswa dalam mata pelajaran.
Seorang guru yang selalu berkecimpung dalam proses belajar mengajar, ia benar-benar menginginkan agar tujuan dapat dicapai secara efektif dan efesien, maka penguasaan materi saja tidaklah mencukupi ia harus menguasai beberapa teknik atau metode. Penyampaian materi dan dapat menggunakan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar.
      Metode diskusi sebagai salah satu metode dari sekian banyak metode yang ada, merupakan langkah alternatif dalam rangka efesiensi proses pembelajaran.
      Dengan metode diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa dalam (PBTU) di kelas. Sehingga pada akhirnya siswa dapat mengkondusifkan diri dalam memahami dan menghayati sehingga mau menggambarkan nilai-nilai yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian tetang metode diskusi tersebut, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
  1. Apakah metode diskusi dapat secara efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam PBM AL-QURAN HADITS?
  2. Bagaimana langkah dalam metode diskusi sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam PBM AL-QURQN HADITS?

C.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada permasalahan di atas, maka tujuan dari diadakannya penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat secara efektif meningkatkan keaktifan siswa dalam AL-QURQN HADITS.
  2. Untuk mengetahui bagaimana metode diskusi, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam PBM AL-QURQN HADITS.

D.    Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat di ambil nantinya dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Lembaga
Penerapan metode diskusi ini akan menjadi pijakan bagi lembaga / sekolah dalam kaitannya dengan strategi.BM dan merupakan masukan pengajaran bagi sebagian guru
  1. Bagi siswa
Dengan adanya penerapan metode ini, siswa dapat lebih mudah dalam memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh guru khususnya untuk mata pelajaran AL-QURQN HADITS di MA BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG .
  1. Para Peneliti/Guru
Dengan penerapan metode diskusi ini dapat mempermudah para guru untuk mengarahkan siswa dalam menguasai kelas. Dan dapat menilai keaktifan siswa secara langsung sebagai wawasan menambah pengetahuan peneliti dalam dunia pendidikan / akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar