Rabu, 26 Oktober 2011

PTK PAI Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam melalui media Audio Visual pada siswa kelas IX C


BAB I
PENDAHULUAN
A.       LATAR BELAKANG
Saat ini, kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan.  Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis.  Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.
Dalam konteks pembaharuan pendidikan, ada tiga isu utama yang perlu disoroti, yaitu :  Pembaharuan Kurikulum, Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Efektifitas Metode Pembelajaran.
Berdasarkan tiga isu utama tersebut, kami mencoba mengangkat satu isu untuk diteliti yaitu Efektifitas Metode Pembelajaran .  Efektifitas Metode atau Model Pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Berdasarkan hal tersebut kemudian kami mengambil judul :  ’PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX C  SMP NEGERI 1 BUBULAN BOJONEGORO”.
B.       RUMUSAN MASALAH
1.    Apakah melalui media Audio - Visual mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Bubulan ?
2.    Apa tanggapan siswa dan guru terhadap model pembelajaran  tersebut ?


C.       TUJUAN
Tujuan dari pelaksanaan penelitian Tindakan Kelas ini adalah :
1.    Mengetahui apakah melalui Audio-Visual  mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX C di SMP Negeri 1 Bubulan.
2.    Mengetahui apa tanggapan siswa dan guru tentang model pembelajaran tersebut.

D.       MANFAAT HASIL PENELITIAN 
Hasil Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini diharapkan berguna :
1.    Bagi Siswa
Siswa dapat termotivasi untuk mengaktualisasikan diri, berani  bertanya mengemukakan pendapat, lebih rajin, dan lebih giat dalam proses belajar mengajar, sehingga diharapkan suasana kelas lebih hidup dan kondusif baik bagi siswa maupun guru itu sendiri.
2.    Bagi Guru
Menumbuhkan gairah untuk menemukan strategi dan pendekatan baru yang inovatif dalam proses belajar mengajar, disamping membuka wawasan guru untuk meningkatkan dan mengembangkan profesinya.
3.    Bagi Pengembang Kurikulum
Menambah inovasi dalam pengembangan kurikulum, penemuan – penemuan model pembelajaran yang baru dapat meningkatkan kasanah dalam mengembangkan kurikulum di sekolah tersebut.

4.    Bagi Sekolah
Sebagai masukan bagi sekolah tentang alternatif metode pembalajaran yang dapat digunakan bagi guru yang lain demi peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

E.     HIPOTESIS TINDAKAN
                                                Hipotesis Tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran melalui media Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar