RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika Kelas
Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
C. Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o Melakukan pekerjaan hitung campuran
Kognitif
o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
D. Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§ Melakukan pekerjaan hitung campuran
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat
§ Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
E. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Sifat-Sifat Operasi Hitung
§ Pengerjaan Hitung Campuran
§ Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK
F. Metode Pembelajaran
games, diskusi
Di Kelas IV dan Kelas V, kamu telah mempelajari sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat. Pelajarilah kembali sifat-sifat operasi hitung tersebut.
1. Sifat Komutatif
Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian.Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2
Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.
Sifat Asosiatif
Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga
bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian
Sifat Distributif
Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif.Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya,perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).
Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
dan pengurangan.
G. METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig saw
b. Pembelajaran koperatif
c. Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
b. Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Kegiatan | Pegorganisasian | Pengembangan Diri | |||
Kelas | Waktu | Penilaian | |||
§ Fase 1 § Kegiatan Awal - Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag. § Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan § Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar. F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan. § Fase 2 § Kegiatan Awal - Motivasi dan apersepsi § Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan § Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar. F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan. § Fase 3 § Kegiatan Awal - Memberikan motivasi. - Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya. § Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan § Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa. F Merefleksi proses dan hasil belajar. | | | | | |
I. Alat/Sumber Belajar
§ BUKU BSE
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika SD untuk Kelas VI 6A Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 6
J. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Melakukan pekerjaan hitung campuran o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | o Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat! o Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat! o Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif! o Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan o 4.655 + 3.561 = .... o 454 x 235 = ... |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar