RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/I (satu) |
Pertemuan Ke | : 1 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 1. Mengapresiasi Karya Seni rupa |
Indikator : |
· Mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa · Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
I. Tujuan Pembelajaran |
· Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa · Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Siswa dapat membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
II. Materi Ajar |
a. Simbol seni rupa dua dimensi |
III. Metode Pembelajaran |
- Mengerjakan soal uji kompetensi
|
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan 5. Menayangkan film dokumenter karya seni rupa |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Menonton dan mengamati karya seni rupa h |
☺ Kegiatan Akhir 1. Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi |
V. Sumber/Alat/Bahan |
|
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi. c. Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/ I (satu) |
Pertemuan Ke | : 2 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 1. Mengapresiasi Karya Seni rupa |
Indikator : |
· Menceritakan simbol karya seni rupa dua dimensi · Menunjukkan keunikan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
I. Tujuan Pembelajaran |
|
II. Materi Ajar |
b. Simbol seni rupa dua dimensi |
III. Metode Pembelajaran |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Praktik 4. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 5. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan 5. Menayangkan film dokumenter karya seni rupa |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Menonton dan mengamati karya seni rupa dua dimensi |
☺ Kegiatan Akhir 1. Tugas menceritakan kembali keunikan simbol-simbol dalam karya seni rupa dua dimensi 2. Membawa alat tulis, alat gambat, dan buku gambar |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa dua dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa · Buku gambar dan pinsil warna (krayon) |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar. c. Produk (hasil kerja) : gambar. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/ I (satu) |
Pertemuan Ke | : 3 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 2. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa |
Indikator : |
· Membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri |
I. Tujuan Pembelajaran |
|
II. Materi Ajar |
c. Gambar bebas |
III. Metode Pembelajaran |
1. Menggambar 2. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 3. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Memberikan contoh-contoh gambar |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa |
☺ Kegiatan Akhir 1. Tugas membawa alat tulis, alat gambar, dan buku gambar |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa tiga dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa · Cat warna/pinsil warna (krayon) |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung. c. Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/ I (satu) |
Pertemuan Ke | : 4 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 2. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa |
Indikator : |
· Mengelompokan gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat · Menunjukan keunikan gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat · Membuat gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat |
I. Tujuan Pembelajaran |
|
II. Materi Ajar |
d. Gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat |
III. Metode Pembelajaran |
1. Menggambar 2. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 3. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Memberikan contoh-contoh gambar |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa |
☺ Kegiatan Akhir 1. Tugas membawa alat tulis, alat gambar, dan buku gambar |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa tiga dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa · Cat warna/pinsil warna (krayon) |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung. c. Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/ I (satu) |
Pertemuan Ke | : 5 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI MUSIK 3. Mengapresiasi Karya Seni Musik |
Indikator : |
§ Menyebutkan simbol nada § Mengidentifikasi simbol nada dalam lagu sederhana |
I. Tujuan Pembelajaran |
· Siswa dapat menyebutkan simbol nada · Siswadapat mengidentifikasi simbol nada dalam lagu sederhana |
II. Materi Ajar |
a. Tangga nada Diatonis |
III. Metode Pembelajaran |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 4. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Menyanyikan lagu pendek anak-anak oleh siswa |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Praktik |
☺ Kegiatan Akhir 1. Memeriksa tulisan siswa 2. Membawa alat musik melodis |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Alat musik melodis |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : - c. Produk (hasil kerja) : Laporan hasil diskusi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/ I (satu)) |
Pertemuan Ke | : 6 – 7 |
Alokasi Waktu | : 4 x 35’ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar