Minggu, 13 November 2011

RPP SBK MI/SD Kelas 4 Berkarakter semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
·         Melakukan pengamatan seni rupa murni
·         Menjelaskan makna  seni rupa murni
·         Menyebutkan contoh seni rupa murni
·         Mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa murni yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
·         Menjelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi.
·         Menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Mendokumentasikan) contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·         Mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat melakukan pengamatan seni rupa murni
  • Siswa mampu menyimak dan menjelaskan tentang makna  seni rupa murni
  • Siswa dapat melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa murni
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa murni yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat melakukan  pengamatan model  dan diskusi serta siswa dapat menjelaskan ciri-ciri seni rupa murni yang ada di daerahnya masing-masing.
  • Siswa dapat melakukan pengamatan pada model dan siswa dapat menjelaskan beberapa jenis seni rupa murni yang pernah diamati.
  • Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
  • Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
  • Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi.

II.   Materi Ajar
a.       Seni Rupa Murni
b.       Mengenal seni rupa murni

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Memperlihatkan karya seni rupa murni melalui majalah atau Koran yang dibawa oleh guru

 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa murni, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
2.       Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
3.       Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
4.       Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
5.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
6.      Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan pengamatan untuk setiap kelompok
2.       Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
3.       Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua dan tiga dimensi karya seni rupa murni sederhana

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa







VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.



   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi dan pengamatan
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
 9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
·         Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni
·         Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·         Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Melalui pengamatan model yang diperlihatkan guru, siswa menyampaikan apresiasinya terhadap keartistikan sebuah karya seni rupa murni.
  • Menjelaskan kesesuaian bentuk dan keserasian dalam seni rupa yang diamati.
  • Melalui contoh dan bimbingan guru, siswa membuat karya seni rupa berupa gambar dengan motif batik tulis yang dikerjakan dalam buku gambar.
  • Menyampaikan tanggapan / apresiasi terhadap karya seni rupa hasil sendiri maupun orang lain.

II.   Materi Ajar
c.  Nilai Artistik sebuah karya seni rupa

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menggambar
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis




IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas

 Kegiatan Inti
1.      Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada
4.      Mengarahkan siswa untuk membuat gambar motif batik tulis
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa, dan mengumpulkan hasil karya siswa
2.      Tugas membawa alat mewarnai, dan benda tiga dimensi


V.   Sumber/Alat/Bahan

·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Buku gambar dan pinsil warna (krayon)



VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.




  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar.














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 4 – 6
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
10. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         


Indikator :
  • Menjelaskan bentuk dasar relief

  • Menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
  • Membuat relief dengan pola motif hias
  • Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·         Memajangkan/ mema-merkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.


I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan bentuk dasar relief

  • Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
  • Siswa mampu membuat relief dengan pola motif hias
  • Siswa dapat Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Siswa dapat mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
  • Siswa mampu memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.


II.   Materi Ajar
d. Gambar ilustrasi/ kreatif dalam menggambar dengan pola motif hias.




III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Mengarahkan siswa untuk menggambar dengan pola motif hias.
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa hasil karya siswa
2.      Tes unjuk kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
  • Bahan dan alat yang digunakan: malam, sabun, pisau/catter

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.




  Bentuk penilaian
1.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
2.    Unjuk kerja : melakukan kegiatan praktik
3.       Produk (hasil kerja) : gambar tiga dimensi.

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 7 – 8
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
11. Mengapresiasi Karya Seni Musik

Indikator :
  • Mengetahui arti dinamika dalam musik
  • Membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
  • Mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
  • Mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis

I.   Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat mengetahui arti dinamika dalam musik
2.       Siswa dapat membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
3.       Siswa dapat mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
4.       Siswa dapat mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis

II.   Materi Ajar
a. Dinamika Dalam Seni Musik

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menonton/menyimak sebuah pertunjukkan
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan





IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Memutar CD contoh lagu
6.    Melihat pertunjukan melalui VCD musik melodis
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Setiap siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi alat musik melodis yang sudah dilihat dalam pertunjukan
4.       Siswa ditugaskan untuk menceritakan melalui tulisan macam-macam alat musik melodis tersebut
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa tulisan siswa
2.       Mempersiapkan salah satu buah lagu

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD ansambel
·         VCD/tape recorder

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.







   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : Melakukan kegiatan menonton dan diskusi kelompok
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas dan hasil diskusi





















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 9 – 11  
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan Diri Melalui Karya  Seni Musik

Indikator :
·         Memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
  • Siswa dapat menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
  • Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis

II.   Materi Ajar
b. Bermacam-macam tanda dinamik dan alat musik melodis

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes unjuk kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar