RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C. Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
Kognitif
o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
D. Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§ Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat:
§ Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
E. Materi Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§ Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung pada Bilangan Bulat
Sifat-sifat pengerjaan hitung pada bilangan bulat yang akan dipelajari sifat komutatif, asosiatif, dan distributif. Mungkin kamu pernah menggunakan sifat-sifat tersebut, tetapi belum tahu nama sifat-sifatnya. Sebenarnya seperti apa sifat-sifat itu? Coba perhatikan penjelasan berikut.
1. Sifat Komutatif (Pertukaran)
a. Sifat komutatif pada penjumlahan
Andi mempunyai 5 kelereng berwarna merah dan 3 kelereng berwarna hitam. Budi mempunyai 3 kelereng berwarna merah dan 5 kelereng berwarna hitam. Samakah jumlah kelereng yang dimiliki Andi dan Budi? Perhatikan gambar di bawah.


Ternyata jumlah kelereng Andi sama dengan jumlah kelereng Budi.
Jadi, 5 + 3 = 3 + 5.
Cara penjumlahan seperti ini menggunakan sifat komutatif. Secara umum, sifat komutatif pada penjumlahan dapat ditulis sebagai berikut.
a + b = b + a
dengan a dan b sembarang bilangan bulat.
F. Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
G. METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig saw
b. Pembelajaran koperatif
c. Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
b. Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah Kegiatan | Pegorganisasian | Pengembangan Diri | ||
Kelas | Waktu | Penilaian | ||
§ Fase 1-2 § Kegiatan awal - Apresepsi/ Motivasi - Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya § Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan § Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. § Fase 3-5 § Kegiatan awal - Apresepsi/ Motivasi - Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya § Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir dengan menggunakan garis bilangan. ![]() ![]() dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan § Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. | | | | |
I. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
J. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | o 50 + 17 = …….+……. o –12 X 5 = …….+…… o 12 + ( 14 + 70) = (….+….) + …. o 10 X (-19 X 5) = (….+…) + …. o –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….) o dst. |
K. Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar