Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
II. Kompetisi Dasar :
Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
III. Indikator :
- Mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti, Faximile, telepon, hand phone, komputer, audio visual dan internet
- Mendeskrifsikan pengaruh positif dan negative penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
- Memahami fungsi dari penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan komunikasi
IV Tujuan Pembelajaran :
mampu mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan komputer
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mendengarkan penjelasan tentang fungsi dari Teknologi informasi dan komuniukasi
- menyebutkan perangkat informasi yang ada di sekitar sekolah dan fungsinya
7.3. Kegiatan Akhir :
- memeriksa catatan dan mendatangani
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Pengenalan komputer Elek Media
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Test lisan
9.2. Bentuk: : Non obyektif
9.3. Instrumen : -
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
........................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
II. Kompetisi Dasar :
Mengidentifikasi perangkat-perangkat yang digunakan dan fungsinya
III. Indikator :
- Memahami cara menghidupkan dan mematikan komputer secara prosedur
- Menjelaskan definisi komputer
- Menunjukkan perangkat keras komputer (hardware) serta fungsinya
- Memahami perangkat lunak (software) dan fungsinya
- Menjelaskan perangkat manusia (brainware) dan fungsinya
IV Tujuan Pembelajaran :
Mampu mengenal elemen-elemen pendukung teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan komputer
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mencatat elemen-elemen pendukung komputer (Hardware,software dan brainware
- mendengarkan penjelasan Hardware,software dan brainware
- menunjukan elemen-elemen yang termasuk perangkat keras (CPU,Monitor, keyboard, hardisk, mouse, disket, Spiker, dll)
7.3. Kegiatan Akhir :
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Pengenalan komputer
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Tes Lisan
9.3. Instrumen :
- Apa yang dimaksud dengan komputer
- Sebutkan alat komunikasi yang kamu ketahui
- Sebutkan 3 elemen pendukung komputer
- Sebutkan 3 buah contoh perangkat keras dan lunak
- Apa fungsi CPU, monitor, keyboard, disket
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
........................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker
II. Kompetisi Dasar :
Mengenal perangkat lunak (software) untuk menggambar
III. Indikator :
- Memahami cara membuka dan mengahiri sytem picture maker
- Menunjukkan area-area pada tampilan layar picture maker ( menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, buttotn status area,drawaing area )
- Memahami fungsi dari area-area pada picture maker ( menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, button status area, drawing area )
IV Tujuan Pembelajaran :
Mampu menggambar dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Cara menjalankan perangkat lunak Picture Maker dan pengenalannya
VI. Matode Pembelajaran :
Test Tulisan
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- Membakikan soal
- Menjelaskan cara pengisian
- Siswa menjawab pada lembaran soal yang sudah disediakan
7.3. Kegiatan Akhir :
- mengumpulkan hasil jawaban
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Diktat story Baird Live dan perangkat komputer
IX Penilaian
9.1. Teknik: :
9.2. Bentuk: : Praktek
9.3. Instrumen : Demontrasi
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
................................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 4
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker
II. Kompetisi Dasar :
Menggunakan icon-icon untuk membuat gambar
III. Indikator :
· menunjukan icon-icon :
1. icon scrool
2. icon text
3. icon select
4. icon microscope
5. icon erase
6. icon pencil
7. icon spray
8. icon line
9. icon brush
10. icon rectangle
11. icon fill
12. icon cicle
· memahami fungsi dari icon-icon
1. icon scrool
2. icon text
3. icon select
4. icon microscope
5. icon erase
6. icon pencil
7. icon spray
8. icon line
9. icon brush
10. icon rectangle
11. icon fill
12. icon cicle
IV Tujuan Pembelajaran :
mampu mendemontrasikan fungsi dari icon-icon tersebut serta fungsinya
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Mengenal dan fungsi dari icon-icon yang ada pada layar picture maker
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mendengarkan penjelasan tentang nama-nama icon
- menjelaskan fungsi dari icon-icon
- mempraktekkan tiap icon
7.3. Kegiatan Akhir :
- mematikan komputer
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Diktat Story Board Live dan perangkat komputer
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Test dan Non-test
9.2. Bentuk: : praktek dan pilihan berganda
9.3. Instrumen : lembar praktek dan isian lembar jawaban
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
........................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 5 dan 10
Alokasi waktu : 4 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Mencari dan mengirim informasi dengan menggunakan internet ekplorer
II. Kompetisi Dasar :
Mengenal perangkat lunak (internet explorer) untuk mencari informasi dan menjelajahi dunia maya
III. Indikator :
- memahami perangkat – perangkat apa untuk menjalankan internet (telephon, modem, usp dll)
- memahami cara-cara masuk ke IE
- mendemonstrasikan cara membuka Website Assalaam
- mengetahui tempat untuk memasukan website ( Address )
IV Tujuan Pembelajaran :
Mengenal dunia informasi dengan menggunakan software Internet Ekplorer
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan internet explorer
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- menjelaskan pengenalan internet explorer
- mencatat pengertian tentang internet ekplorer dan pendukung untuk membuat jaringan
- mempraktekkan cara mulai IE
- mencoba browsing Website Assalaam
7.3. Kegiatan Akhir :
- memeriksa catatan dan mendatangani
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Pengenalan Inernet
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Non-test
9.2. Bentuk: : Praktek
9.3. Instrumen : -
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
................................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 6
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Membuat teks dengan menggunakan picture maker
II. Kompetisi Dasar :
Menggunakan icon teks untuk membuat tulisan
III. Indikator :
1. memahami fungsi dari icon teks
2. mengerti cara untuk memperbesar dan memperkecil huruf (size)
3. mendemonstrasikan membuat variasi huruf (Bold, italic , underline, shadow)
4. mengganti warna huruf dengan memilih palette area
IV Tujuan Pembelajaran :
Memahami cara mengganti huruf, ukuran dan variasinya
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Membuat teks dan mengatur tampilan hurup dengan menggunakan icon teks dan digabungkan dengan icon circle
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mendengarkan penjelasan cara membuat teks
- menjelaskan untuk mengganti, menghias, memperbesar maupun memperkecil dan mengganti warna huruf huruf
- mencoba tiap-tiap siswa
7.3. Kegiatan Akhir :
- memeriksa catatan dan mendatangani
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Diktat Story Board Live
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Non test
9.2. Bentuk: : Praktek
9.3. Instrumen : -
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
................................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 7
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
menggambar dengan penggabungan icon-icon
II. Kompetisi Dasar :
Menggunakan icon-icon untuk membuat gambar bangunan
III. Indikator :
1. mendemonstrasikan icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill
2. menggabungkan icon icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill sehingga berbentuk bangunan rumah
3. mendemonstrasikan icon fill untuk mewarnai bangunan dan memilih warna pada palette area
4. mendemontrasikan cara menghapus secara cepat ( edit clear) dan cara membatalkan yang terakhir kali dibuat ( edit undo)
5. memahami cara menyimpan hasil gambar yang telah di buat
IV Tujuan Pembelajaran :
mampu mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menggambar dengan menggunakan icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill serta cara membatalkan gambar dan menghapus
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mendengarkan penjelasan dan fugsi dari Icon-icon ( pencil, rectangle, cicle, line dan fill)
- mempraktekan tiap-tiap icon (pencil, rectangle, cicle, line dan fill)
- mempraktekan perintah untuk menghapus ( eraser dan edir clear)
- Mempraktekan untuk membatalkan gambar yang terakhir kali dibuat (edit undo)
7.3. Kegiatan Akhir :
- memeriksa catatan dan mendatangani
- memberikan tugas di rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar