SEKOLAH DASAR | Semester | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | I | |
Tahun Pelajaran : .....-...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 ( satu )/ I (Satu ) |
Pertemuan ke | : I ( Satu ) |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | |
1.1 Kompetensi Dasar: 1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | |
Indikator: · Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah · Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang · Melakukan gerakan berlari keberbagai arah · Melakukan gerakan lari bervariasi · Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah · Melakukan variasi gerakan melompat | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak dasar lokomotor | |
II. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
| |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes kls. 1 · Diktat permainan bola kecil · Pluit | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | I | |
Tahun Pelajaran : .....-...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 ( satu )/ I (Satu ) |
Pertemuan ke | : 2 ( dua) |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | |
Indikator: · Melakukan gerakan memutar badan · Melakukan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok · Melakukan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan | |
I Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar non lokomotor | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak dasar non lokomotor | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B Kegiatan Inti:
| |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes kls. 1 · Diktat permainan bola kecil · Pluit · tali | |
VI Penilaian: D. Tekhnik : · Non Tes E. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan F. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | I | |
Tahun Pelajaran : .....-...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 ( satu )/ I (Satu ) |
Pertemuan ke | : 3 (tiga) |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri | |
Indikator: · Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba · Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok | |
I Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar non lokomotor | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak dasar manipulatif · Permainan | |
IV. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B Kegiatan Inti:
| |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes kls. 1 · Diktat permainan bola kecil · Pluit · Keranjang | |
VI Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B . Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan
· Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | I | |
Tahun Pelajaran : .....-...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 ( satu )/ I (Satu ) |
Pertemuan ke | : 4 (empat) |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi | |
Kompetensi Dasar: 2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri | |
Indikator: · Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak · Berdiri dalam keadaan istirahat | |
I Tujuan Pembelajaran: · Membiasakan badan selalu tegap | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Anatomi tubuh | |
III Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B Kegiatan Inti:
| |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes kls. 1 · Pluit · Anatomi tubuh | |
VI Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B . Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | I | |
Tahun Pelajaran : .....-...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 ( satu )/ I (Satu ) |
Pertemuan ke | : 5 (empat) |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi | |
Kompetensi Dasar: 2 .2 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan | |
Indikator: · Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak · Melakukan gerakan berjalan ke samping | |
I Tujuan Pembelajaran: · Membiasakan badan selalu tegap | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Anatomi tubuh | |
III Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B Kegiatan Inti:
| |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes kls. 1 · Pluit · Anatomi tubuh | |
VI Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B . Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar