Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat
II. Indikator
· Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias pada karya seni rupa Nusantara
· Mengindentifikasi motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
III. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
IV. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
1. Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
3. Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1.Memberikan latihan soal
2.Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3.Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja Siswa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/II
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat
II. Indikator
· Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias karya seni rupa Nusantara
· Mengklasifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
· Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
III. Tujuan Pembelajaran
Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
IV. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Kegiatan Inti
1. Mengidentifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
3. Mengeksposisi tentang keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja Siswa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan
II. Indikator
· Mengamati beberapa gambar/foto/model karya topeng Nusantara
· Mengidentifikasi karya topeng Nusantara
· Mengklasifikasi karakter dari bentuk topeng
· Mengidentifikasi teknik dan bahan membuat topeng
III. Tujuan Pembelajaran
Mengenal karakter dari bentuk topeng, teknik dan bahan membuat topeng
IV. Materi Ajar
Karya Topeng Nusantara
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. demontrasi (peragaan)
4. tanya jawab
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar/foto/model berbagai karya topeng Nusantara
Kegiatan Inti
1. Mengelompokkan karakter topeng berdasarkan bentuknya
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang karakter topeng, teknik dan bahan membuat topeng
3. Mengeksposisi tentang karakter topeng, teknik dan bahan membuat topeng
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja Siswa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan
II. Indikator
· Membuat topeng secara kreatif
III. Tujuan Pembelajaran
Membuat topeng secara kreatif dari bahan kertas
IV. Materi Ajar
Karya Topeng Nusantara
V. Metoda Pembelajaran
1. demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng
Kegiatan Inti
1. Membuat topeng secara kreatif
Kegiatan Akhir
1. Memberikan penilaian pada hasil karya
2. Menutup pelajaran
IX. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek
Bentuk :
Instrumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
II. Indikator
· Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
· Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
III. Tujuan Pembelajaran
Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
IV. Materi Ajar
Gambar Ilustrasi Manusia dan Kehidupannya
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Inti
1. Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya
Kegiatan Akhir
1. Memberikan penilaian pada hasil karya
2. Menutup pelajaran
X. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek
Bentuk :
Instrumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas
II. Indikator
· Membentuk kelompok siswa
· Membentuk panitia pameran
· Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
· Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat
III. Tujuan Pembelajaran
Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas
IV. Materi Ajar
Pameran
V. Metoda Pembelajaran
1. ekspositori (menerangkan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
1. Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
2. Membentuk panitia pameran
3. Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan
4. Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
Kegiatan Akhir
1. Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
2. Menutup pelajaran
XI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek
Bentuk :
Instrumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah
II. Indikator
· Membuat denah pameran
· Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
· Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
III. Tujuan Pembelajaran
Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah
IV. Materi Ajar
Pameran
V. Metoda Pembelajaran
1. demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan pameran
Kegiatan Inti
1. Mengadakan pameran karya seni rupa hasil dari karya siswa
Kegiatan Akhir
1. Memberikan penilaian
2. Menutup pameran
XII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek
Bentuk :
Instrumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara
II. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai lagu daerah Nusantara
· Menyebutkan ragam lagu daerah Nusantara
· Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
· Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
III. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara
IV. Materi Ajar
Ragam Lagu Daerah Nusantara
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
1. Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
2. Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Akhir
1. Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
2. Menutup pelajaran
XIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Kaset/CD lagu daerah Nusantara
VIII. Penilaian
Teknik : Praktek
Bentuk :
Instrumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.2 Menjelaskan makna ansambel gabungan
II. Indikator
· Mengenal makna ansamble
· Menunjukan ragam jenis ansambel
· Memahami makna ansamble gabungan
III. Tujuan Pembelajaran
Memahami makna ansambel gabungan
IV. Materi Ajar
Ansambel Gabungan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengamati beberapa gambar/foto tentang ansambel
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang ansambel gabungan
2. Mengeksposisi tentang ansambel gabungan
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Tanya jawab
4. Menutup pelajaran
XIV. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Gambar atau foto
VIII. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Instrumen : Lembar Kerja Siswa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
II. Indikator
· Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
· Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik
III. Tujuan Pembelajaran
Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
IV. Materi Ajar
Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Inti
1. Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
2. Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Akhir
1. Memberikan tugas menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
2. Menutup pelajaran
XV. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
· Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VIII. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar