RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/II (dua) |
Pertemuan Ke | : 1 – 2 |
Alokasi Waktu | : 4 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 8. Mengapresiasi Karya Seni rupa |
Indikator : |
· Mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi · Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi · Membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna simbol karya seni rupa · Menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Menyampaikan secara lisan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna simbol warna pada karya seni rupa |
I. Tujuan Pembelajaran |
· Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi · Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi · Siswa mampu membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna simbol karya seni rupa · Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi · Siswa dapat membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
II. Materi Ajar |
a. Simbol Bentuk pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi b. Simbol Warna pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi |
III. Metode Pembelajaran |
1. Menonton/menyimak sebuah film 2. Diskusi 3. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 4. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan 5. Memperlihatkan karya seni rupa melalui VCD tentang patung |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar |
☺ Kegiatan Akhir Tugas membawa contoh karya seni rupa tiga dimensi |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa tiga dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi. c. Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/II (dua) |
Pertemuan Ke | : 3 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 9. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa |
Indikator : |
· Membuat gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
I. Tujuan Pembelajaran |
o Siswa mampu membuat gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
II. Materi Ajar |
a. Gambar Bebas |
III. Metode Pembelajaran |
1. Menggambar 2. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 3. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Memeriksa tugas |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada 4. Mengarahkan siswa untuk membuat gambar alam sekitar |
☺ Kegiatan Akhir 1. Memeriksa, dan mengumpulkan hasil karya siswa 2. Tugas membawa alat mewarnai, dan benda tiga dimensi |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa tiga dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa · Buku gambar dan pinsil warna (krayon) |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar. c. Produk (hasil kerja) : gambar. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/II (dua) |
Pertemuan Ke | : 4 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI RUPA 1. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa |
Indikator : |
· Mengelompokkan gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi t · Menunjukan keunikan gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi · Membuat gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi |
I. Tujuan Pembelajaran |
· Siswa dapat mengelompokkan gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi · Siswa mampu menunjukan keunikan gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat · Membuat gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi |
II. Materi Ajar |
b. Gambar dekoratif dan motif hias pada benda tiga dimensi |
III. Metode Pembelajaran |
1. Menggambar 2. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 3. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Memeriksa tugas |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa |
☺ Kegiatan Akhir 1. Memeriksa hasil karya siswa 2. Tes unjuk kerja |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Model Karya seni rupa tiga dimensi · Gambar dan foto karya seni rupa · Model patung yang sudah dibuat · Cat warna · VCD dan CD model patung |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung. c. Produk (hasil kerja) : gambar tiga dimensi. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/II (dua) |
Pertemuan Ke | : 5 – 6 |
Alokasi Waktu | : 4 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI MUSIK 10. Mengapresiasi Karya Seni Musik |
Indikator : |
§ Menyebutkan simbol nada § Mengidentifikasi simbol nada dalam lagu sederhana § Menjelaskan elemen musik ansambel |
I. Tujuan Pembelajaran |
· Siswa dapat menyebutkan simbol nada · Siswadapat mengidentifikasi simbol nada dalam lagu sederhana · Siswa dapat menjelaskan elemen musik ansambel |
II. Materi Ajar |
a. Melodi, ritme Berirama 4/4 dan ¾ |
III. Metode Pembelajaran |
1. Ceramah 2. Menonton/menyimak sebuah pertunjukkan 3. Diskusi 4. Pemberian Tugas - Mengerjakan soal uji kompetensi 5. Tes tertulis |
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran |
☺ Kegiatan Awal 1. Apersepsi 2. Salam pembuka 3. Mengabsen siswa 4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan 5. Memutar CD contoh lagu 6. Melihat pertunjukan melalui VCD musik ansambel |
☺ Kegiatan Inti 1. Memberikan penjelasan materi kepada siswa 2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya 3. Setiap siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi ansambel yang sudah dilihat dalam pertunjukan 4. Siswa ditugaskan untuk menceritakan melalui tulisan macam-macam ansambel tersebut 5. Mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi simbol nada 6. Mengarahkan siswa untuk menyanyikan satu buah lagu dengan iringan |
☺ Kegiatan Akhir 1. Memeriksa tulisan siswa 2. Mempersiapkan salah satu buah lagu |
V. Sumber/Alat/Bahan |
· Buku paket SBK · Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III · Standar Isi 2006 · Kaset/CD ansambel · VCD/tape recorder |
VI. Penilaian |
☺ Aspek yang dinilai - Aspek afektif (sikap) Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi. - Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi - Aspek kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan. |
☺ Bentuk penilaian a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan. b. Unjuk kerja : Bernyanyi secara individu. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran | : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN |
Kelas/Semester | : III (tiga)/II (dua) |
Pertemuan Ke | : 7 |
Alokasi Waktu | : 2 x 35’ |
Standar Kompetensi |
SENI MUSIK 10. Mengapresiasi Karya Seni Musik |
Indikator : |
· Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik · Menjelaskan tempo dalam lagu · Menghubungkan antara nada dengan tempo dalam lagu · Mengidentifikasi tempo dalam lagu |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar