Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk sistem operasi dan mendemontrasikan perangkat lunak untuk menjelajah media penyimpanan dengan jaringan komputer serta multimedia
I. Kompetensi Dasar : Mengenal system operasi
II. Indikator :
Sejarah singkat system operasi
Menyebutkan macam – macam system operasi
Menebutkan versi – versi system operasi windows
Langkah langkah merubah tanggal/waktu
Langkah – langkah merubah tampilan layar
Langkah langkah merubah tampilan layar dan animasi teks ketika komputer tidak dijalankan
Menjalankan perangkat lunak multimedia untuk mendengarkan musik
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memahami system operasi yang sering digunakan dan memahami pengoperasiaanya
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Pengenalan system operasi Windows
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Kegiatan Akhir
memberikan tugas tertulis di rumah
membereskan kursi
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Windows XP " Elex Media Kompitindo", Website ilmukomputer.com (Pengenalan System Operasi)
VIII. Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Jelaskan pengertian system operasi
Sebutkan macam – macam system operasi
Nama perusahaan yang membuat windows adalah
Yang memimpin perusahaan yang membuat windows adalah
Sebutkan versi windows
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk sistem operasi dan mendemontrasikan perangkat lunak untuk menjelajah media penyimpanan dengan jaringan komputer serta multimedia
I. Kompetensi Dasar : Mengenal perangkat lunak untuk menjelajah komputer pada sitem operasi windows
II. Indikator :
Macam macam media penyimpanan
Langkah – langkah memperbanyak, mengapus sebagian file pada media penyimpanan komputer melalui Windows Explorer
Membuat Folder sendiri pada jaringan melalui Network Place
Menjalankan program Multimedia melalui PowerDVD
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami peranggkat lunak untuk menjelajah komputer dan jaringan serta memahami pengoperasiannya
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Pengenalan system operasi Windows
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membahas tugas yang diberikan
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai system operasi
6.2. Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi yang disampaikan
Siswa mendemontrasikan langkah demi langkah cara memperbanyak, mengapus file pada media penyimpanan komputer melalui Windows Explorer.
Siswa membuat Folder sendiri pada jaringan melalui Network Place pada komputer data center guru
Menjalankan program Multimedia melalui PowerDVD.
6.3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi system operasi dengan menjawab soal yang diberikan oleh guru menggunakan perangkat lunak bank soal interaktif.
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan peralatan komputer
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Windows XP " Elex Media Kompitindo", Website ilmukomputer.com (Pengenalan System Operasi)
VIII. Penilaian
Jenis :
test
Bentuk :
Pilihan ganda
Instrumen :
Pilihan ganda interaktif menggunakan software banksoal
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Software pengolah kata dan menggunakan fitur umum menu standar
II. Indikator :
Menjelaskan Sejarah singkat Perangkat lunak pengolah kata
Mengidentifikasi perangkat lunak pengolah kata
Langkah – langkah menjalankan perangkat lunak pengolah kata
Menunjukan bagian bagian layar pengolah kata
Menunjuk menu file dan submenu file New, close, save, save as, open, exit dan memahi fungsinya
Menunjuk Icon standar New , open, save dan memahami fungsinya
Mengetik naskah sederhana dengan tema Liburan sekolah
Merekam naskah yang telah dibuat ke media penyimpanan melalui jaringan komp.
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami peranggkat lunak untuk mengolah kata dan memahami pengoperasian menu umun standar
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Perangkat lunak dan program aplikasi pengolah kata
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak sejarah singkat pengolah kata.
Siswa menunjukan bagian bagian layar pengolah kata, menu dan sub menu file, icon standar dan menyimak penjelasan fungsinya.
Siswa mengetik naskah dengan tema "Liburan sekolah" dan mendemontrasikan merekam naskah ke komputer Data Center Guru melalui jaringan
Siswa mengerjakan tugas mengetik Naskah dengan tema "LENTERA HATI
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi perangkat lunak pengolah kata dengan menjawab soal yang diberikan oleh guru.
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Menunjuk tampilan layer pengolah kata dan menyebutkan namanya
Menunjuk dan menjelaskan fungsi dari icon new, open, save
Jelaskan langkah – langkah merekam
Jelaskan langkah – langkah membuka dokumen yang telah direkam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
I. Kompetensi Dasar : Mengedit dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
II. Indikator :
Mengidentifikasikan tombol tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor
Mengelompokkan persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk menghapus, menggandakan dan memindahkan teks
Mengelompokkan persamaan dari menu edit, icon standar dan tombol yang digunakan untuk membatalkan dan mengembalikan perintah yang terakhir dilakukan
Menggetik naskah dengan tema "AKU DIA DAN KAMU
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami fungsi tombol dan menu untuk mengedit documen
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Fasilitas program pengolah kata dalam mengedit dokumen
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2. Kegiatan Inti
Siswa mengidentifikasi tombol – tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor
Siswa mengelompokkan persamaan dari menu edit, icon standar dan mencatatnya dalam bentuk table
Siswa mengetik naskah dengan tema "AKU DIA DAN KAMU" mendemontrasikan fasilitas menghapus, menggandakan, memindahkan teks, membatalkan dan mengembalikan perintah yang terakhir dilakukan
6.3. Kegiatan Akhir
Tugas mengetik
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Teknik
non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
I. Kompetensi Dasar : Memodifikasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
II. Indikator :
Menunjuk icon untuk mempertebal, menggaris bawahiHuruf, memiringkan huruf, merubah jenis huruf, merubah ukuran huruf, merubah warna huruf
Mengindentifikasi persamaan tombol dan icon untuk mempertebal, menggarisbawahi dan memiringkan huruf
Menujuk icon untuk menetengahkan teks, rata kiri, rata kanan dan perataan kiri kanan.
Mendemontrasikan icon toolbar formating dalam memodifikasi dokumen
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami fasilitas toolsbar formating untuk memodifikasi dokumen
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Fasilitas Toolsbar Formating dalam memodifikasi dokumen
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2. Kegiatan Inti
Siswa menunjukan Icon – icon toolsbar formating dan menyimak penjelasan fungsinya
Siswa Mengindentifikasi persamaan tombol dan icon untuk mempertebal, menggaris bawahi dan memiringkan huruf
Siswa membuka dokumen "Aku, dia dan kamu" yang telah direkam dan mendemontrasikan penggununaan icon toolsbar formating dan tombol keyboard yang digunakan untuk mempercepat proses modofikasi document
Siswa mengetik tugas dengan tema "THE HOLY QUR'AN" dan memodifikasinya
6.3. Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Teknik
non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan fasilitas yang disediakan dalam Internet
I. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi surat elektronik dalam internet
II. Indikator :
Mengidentifikasi keguanaan dan kelebihan surat eletronik
Menyebutkan situs situs di internet yang menyediakan layanan surat elektronik
Langkah langkah membuat surat elektronik pada situs yahoo
Mendemontrasikan langkah langkah mebuat surat elektronik pada situs yahoo
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami fasilitas surat elektronik dalam Internet dan kegunaannya
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Surat elektronik dalam Internet
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi, mencatat langkah langkah pokok yang dijelaskan
Siswa mendemontrasikan langkah langkah membuat surat elektronik pada yahoo
Siswa mecatat alamat e-mailnya pada daftar email yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Internet " Elex Media Kompitindo
VIII. Penilaian
Teknik
non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Operasi sistem dan perangkat lunak pengolah kata
I. Kompetensi Dasar : Pengenalan operasi system dan pengolah kata
II. Indikator :
Pengertian sistem operasi
Macam macam sistem operasi
Pengenalan perangkat lunak pengolah kata
Menu icon standar
Menu icon formating untuk memodifikasi dokumen
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami sistem operasi dan perangkat lunak pengolah kata
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : sistem operasi dan perangkat lunak pengolah kata
V. Metode Pembelajaran : test tertulis
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1. Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal
6.2. Kegiatan Inti
Siswa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru pada lembar jawaban yang telah disediakan
6.3. Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
I. Kompetensi Dasar : Memodifikasi dokumen menggunakan bingkai, tanda symbol dan penomeran paragraf pada
II. Indikator :
Menunjuk menu untuk memberi bingkai pada naskah dan pengaturan jarak antar baris
Mengidentifikasikan kotak dialog untuk memberi bingkai
Menunjuk icon untuk memberi karakter butir(bullet) dan icon untuk memberi penomean pada paragraf
Mengidentifikasikan kotak dialog untuk memberi karakter butir(bullet) atau penomeran
Mengetik naskah dengan Tema "KETIKA MATAHARI MENYAPA KALBU"
Mendemontrasikan pengguaan bingkai dan penomeran paragraf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar