Minggu, 13 November 2011

RPP Penjas MI/SD Kelas 2 Berkarakter sms 1









SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1 .Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Indikator:     
·    Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·    Berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·    Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·    Berlari dengan alat tongkat berkelompok

I.              Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berjalan
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berlari
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak lokomotor dalam bentuk permainan
II.            Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek






IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  1. Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan jalan di tempat, jalan cepat, melompat ke depan, melompat sambil berputar dan melompat di tempat
·         Berjalan atau berlari merubah arah maju, mundur, samping dengan isyarat dalam bentuk lomba
·         Mengkombinasikan gerakan jalan, lari dan melompat dengan isyarat
·         Melakukan lari sambung berkelompok

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.           Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit
·         Tongkat kecil

VI.          Penilaian:
A.   Tekhnik :
·   Non Tes
B.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C.   Instrumen
·   Soal Praktek




Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(__________________________)

…….……..,………………………….
    Guru Pendidikan jasmani Olahraga
                         & Kesehatan




(_______________________)



SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   2 ( dua )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
Indikator:     
·    Melakukan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
·    Gerakan mengayun satu dan dua lengan
·    Melakukan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
·    Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
·    Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan

I         Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar memutar
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar mengayun
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar menekuk
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak non lokomotor dalam bentuk permainan
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek




IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan jmemutar tangan dengan satu tangan atau dua tangan
·         Melakukan gerakan mengayun tangan satuatau dua tangan
·         Melakukan gerakan menekuk lutut  ke depan atau ke belakang
·         Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok dalam bentuk lomba
·         Melakukan permainan jongkok-berdiri dengan isyarat

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

VII.         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit

VIII.       Penilaian:
D.   Tekhnik :
·   Non Tes
E.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
F.    Instrumen
·   Soal Praktek



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(__________________________)

…….……..,………………………….
    Guru Pendidikan jasmani Olahraga
                         & Kesehatan




(_______________________)



SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )
   
Pertemuan ke
:   3 ( tiga )  dan 4 ( empat )
Alokasi Waktu
:   4 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1. .3. Mempraktikkan gerak dasar  melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
Indikator:     
·    Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·    Melakukan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
·    Melakukan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
·    Melakukan gerakan menggiring bola
·    Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
·    Melakukan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan

I         Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan melempar
·         Siswa dapat melakukan menangkap
·         Siswa dapat bermain sepak bola
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan sepak bola
III,  Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
Pertemuan 3
·         Melakukan melempar bola sejauh-jauhnya
·         Melakukan menangkap bola dari beberapa arah
·         Melakukan lempar tangkap bola berpasangan
Pertemuan 4
·         Menggiring bola perorangan atau berpasangan
·         Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Melakukan kerjasama antar tim




C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan atau dalam permainan
V     Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Bola sepak
·         Stop watch
·         Gawang
·          
·         Pluit

Penilaian:
G.   Tekhnik :
·   Non Tes
H.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
I.      Instrumen
·   Soal Praktek


Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(__________________________)

…….……..,………………………….
    Guru Pendidikan jasmani Olahraga
                         & Kesehatan




(_______________________)

SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   5 (lima )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:   2.  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar  :2. 1  Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti  aturan

Indikator:     
·   Melakukan latihan dasar kekuatan lengan
·   Melakukan  latihan dasar kekuatan tungkai


I         Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan latihan kekuatan
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan kekuatan
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan push up
·         Melakukan adu panco
·         Melakukan mengangkat badan berpasangan  atau menggendong
·         Meloncat rintangan atau melompati simpai

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V     Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit
·         Simpai / rintangan

Penilaian:
J.    Tekhnik :
·   Non Tes
K.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
L.    Instrumen
·   Soal Praktek




Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………





(__________________________)

…….……..,………………………….
    Guru Pendidikan jasmani Olahraga
                         & Kesehatan





(_______________________)






SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......

Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   6  (enam )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:   2.  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang
                                                terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar  :  2. .2  Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai  disiplin dan estetika
Indikator:     
·   Melakukan latihan keseimbangan dalam berbaring
·   Melakukan Latihan  keseimbangan duduk
·   Melakukan latihan keseimbangan dalam berdiri
·   Melakukan latihan keseimbangan sambil berjalan

I         Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan latihan keseimbangan
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan keseimbangan
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B    Kegiatan Inti:
·         Melakukan gerakan keseimbangan dengan posisi badan dalam berbaring depan dan belakang
·         Melakukan  gerakan keseimbangan duduk membentuk huruf V , duduk dalam posisi jongkok
·         Melakukan gerakan keseimbangan berdiri dengan berbagai variasi, membuat sikap kapal terbang, menekkuk lutut ke depan atau belakang
·         Melakukan gerakan keseimbangan dengan berjalan, berjalan meniti balok titian, berjalan dengan ujung kaki, tumit, dan berjalan di atas garis

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V     Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit
·         Simpai / rintangan
·         Balok titian

Penilaian:
M.   Tekhnik :
·   Non Tes
N.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
O.   Instrumen
·   Soal Praktek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar