Jumat, 18 November 2011

RPP MTK MI/SD Kelas 5 Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ..............................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 1-5
Alokasi Waktu                   : 10  x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

C.    Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
Kognitif
o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

D.    Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat:
§  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )



E.     Materi Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§  Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§  Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan




Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung pada Bilangan Bulat
Sifat-sifat pengerjaan hitung pada bilangan bulat yang akan dipelajari sifat komutatif, asosiatif, dan distributif. Mungkin kamu pernah menggunakan sifat-sifat tersebut, tetapi belum tahu nama sifat-sifatnya. Sebenarnya seperti apa sifat-sifat itu? Coba perhatikan penjelasan berikut.
1.      Sifat Komutatif (Pertukaran)
a.    Sifat komutatif pada penjumlahan
Andi mempunyai 5 kelereng berwarna merah dan 3 kelereng berwarna hitam. Budi mempunyai 3 kelereng berwarna merah dan 5 kelereng berwarna hitam. Samakah jumlah kelereng yang dimiliki Andi dan Budi? Perhatikan gambar di bawah.
























Ternyata jumlah kelereng Andi sama dengan jumlah kelereng Budi.
Jadi, 5 + 3 = 3 + 5.
Cara penjumlahan seperti ini menggunakan sifat komutatif. Secara umum, sifat komutatif pada penjumlahan dapat ditulis sebagai berikut.
a + b = b + a
dengan a dan b sembarang bilangan bulat.


F.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori






G.    METODE PEMBELAJARAN
Model :  a.Jig saw                
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
                      c. penegasan




































H.    Langkah-langkah Pembelajaran           :
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
§  Fase 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

§  Fase  3-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir  dengan menggunakan garis bilangan.


 1       2        3       4      5       6     7      8      9     10
 

                      dibulatkan ke bawah            dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.











I.       Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Kancing Baju
§  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

J.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan

Tugas IndVidu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah

o  50 + 17 = …….+…….
o  –12 X 5 = …….+……
o  12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
o  10 X (-19 X 5)   = (….+…) + ….
o  –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o  dst.


K.    Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 Lembar Penilaian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar