Jumat, 18 November 2011

RPP MTK MI/SD Kelas 6 Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas
Semester                             :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

C.    Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Melakukan pekerjaan hitung campuran
Kognitif
o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

D.    Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§  Melakukan pekerjaan hitung campuran
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat
§  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

E.     Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan  Bulat
§  Sifat-Sifat Operasi Hitung
§  Pengerjaan Hitung Campuran
§  Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK




F.     Metode Pembelajaran
games, diskusi
Di Kelas IV dan Kelas V, kamu telah mempelajari sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat. Pelajarilah kembali sifat-sifat operasi hitung tersebut.
1. Sifat Komutatif
Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian.Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2
Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.



Sifat Asosiatif
Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga
bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian
Sifat Distributif
Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif.Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya,perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).
Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
dan pengurangan.

G.    METODE PEMBELAJARAN
Model :  a.Jig saw                
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
    c. penegasan             
           
H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
§  Fase 1
§  Kegiatan Awal
-      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

§  Fase 2
§  Kegiatan Awal
-      Motivasi dan apersepsi
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

§  Fase 3
§  Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
F Merefleksi proses dan hasil belajar.












I.       Alat/Sumber Belajar
§  BUKU BSE
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6





J.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Melakukan pekerjaan hitung campuran

o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

Tugas IndVidu

Laporan buku pekerjaan rumah

o  Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
o  Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
o  Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o  Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
o  4.655 + 3.561 = ....
o  454 x 235 = ...


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar