STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang | 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang 1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi |
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer | Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer sesuai prosedur Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer | Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi Mempraktikkan satu program aplikasi |
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi | Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata Membuat dokumen pengolah kata sederhana |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi | Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka Membuat dokumen pengolah angka sederhana |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar